MODUL AJAR

 

MODUL AJAR

Berpikir Komputasional

Informasi Umum Modul Ajar

Nama Penyusun               : Agus Karmana Haryono,SE

Nama Sekolah                   : SMA Negeri 7 Tasikmalaya

Tahun Ajaran                     : 2024/2025

Fase/Kelas                          : E/X

Alokasi Waktu (menit)   : 6 × 45 menit

Jumlah Pertemuan          : 3 Pertemuan

A.    Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer.

B.     Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran (TP) Bab 1 sebagai berikut.

1.1   Menjelaskan konsep berpikir komputasional sebagai teknik untuk menyelesaikan masalah

1.2   Menerapkan pilar-pilar berpikir komputasional untuk menemukan solusi permasalahan

1.3   Menerapkan konsep algoritma dalam proses pencarian (sequential search)

1.4   Mengurutkan bilangan menggunakan algoritma pengurutan (insertion sort dan selection sort)

C.    Kata Kunci


1.       Abstraksi

2.       Algoritma

3.       Dekomposisi

4.       Logis

5.       Pengenalan Pola

6.       Sistematis

7.       Pencarian

8.       Pengurutan


D.    Profil Pelajar Pancasila

1.       Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia terhadap lingkungan sekitar.

2.       Berkebinekaan global dengan mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif dalam menyampaikan solusi penyelesaian permasalahan.

3.       Gotong-royong dengan berkolaborasi bersama teman dalam kegiatan kelompok.

4.       Bernalar kritis dalam menyaring informasi, mengolah, dan mencari keterkaitan berbagai informasi dengan memanfaatkan pola pikir kritis dan logis serta perkakas TIK yang sesuai.

5.       Mandiri mengerjakan tugas individu.

E.     Sarana dan Prasarana

1.       Komputer/laptop

2.       LCD proyektor

3.       Papan tulis

4.       Spidol

F.     Target Peserta Didik

Peserta didik reguler

G.    Model Pembelajaran

Problem Based Learning dan Discovery Learning

H.    Moda Pembelajaran

Tatap Muka

I.       Asesmen

1.       Asesmen non-kognitif

2.       Asesmen kognitif (sumatif)

J.      Materi Ajar

1.       Dekomposisi

2.       Pengenalan Pola

3.       Abstraksi

4.       Algoritma

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

Topik    

Pilar-pilar Berpikir Komputasional

Tujuan Pembelajaran   

4.1 Menjelaskan konsep berpikir komputasional sebagai teknik untuk menyelesaikan masalah

4.2Menerapkan pilar-pilar berpikir komputasional untuk menemukan solusi permasalahan

Pemahaman Bermakna

Peserta didik mampu menerapkan pilar-pilar berpikir komputasional untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari

Model Pembelajaran

Problem Based Learning

Pertanyaan Pemantik

1.       Apakah berpikir komputasional merupakan cabang keilmuan yang hanya digunakan di bidang komputer?

2.       Bandingkan cara penyelesaian masalah dengan menguraikan terlebih dahulu penyebabnya dan penyelesaian masalah dengan melihat secara keseluruhan. Manakah yang lebh mudah?

A.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)

1.       Peserta didik menjawab salam dari pendidik.

2.       Pendidik membuka pembelajaran dan melakukan doa bersama.

3.       Pendidik mengecek kehadiran peserta didik.

4.       Peserta didik diberikan apersepsi berupa pertanyaan pemantik.

Apakah berpikir komputasional merupakan cabang keilmuan yang hanya digunakan di bidang komputer?

Bandingkan cara penyelesaian masalah dengan menguraikan terlebih dahulu penyebabnya dan penyelesaian masalah dengan melihat secara keseluruhan. Manakah yang lebh mudah?

5.       Peserta didik diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan bimbingan pendidik.

6.       Perwakilan peserta didik mengemukakan jawaban atas pertanyaan tersebut.

7.       Pendidik memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik dan menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari.

B.      Kegiatan Inti (60 menit)

1.       Peserta didik diberikan masalah berupa contoh permasalahan berupa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan wawancara siswa berprestasi.

2.       Peserta didik menganalisis contoh permasalahan tersebut menggunakan teknik berpikir komputasional.

3.       Peserta didik menyampaikan hasil temuannya mengenai solusi dari permasalahan tersebut.

4.       Peserta didik berdiskusi dengan pendidik mengenai solusi yang dihasilkan dari penerapan teknik berpikir komputasional.

5.       Peserta didik menyimak penjelasan lebih lanjut dari pendidik mengenai hubungan keempat pilar berpikir komputasional dengan permasalahan yang sedang dipecahkan.

6.       Peserta didik bertanya kepada pendidik jika terdapat materi yang belum dipahami.

7.       Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk menjawab pertanyaan sehingga terjadi diskusi kelas yang aktif.

8.       Pendidik membimbing kegiatan diskusi kelas dengan memberikan pengarahan atau penguatan sehingga peserta didik memahami materi.

C.      Kegiatan Penutup (10 menit)

1.       Peserta didik bersama pendidik membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.

2.       Peserta didik bersama pendidik melakukan refleksi pembelajaran.

3.       Pendidik menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

4.       Pendidik menutup pembelajaran dengan mengucap syukur dan salam.

 

PERTEMUAN 2

Topik    

Macam-macam Algoritma: Pencarian dan Pengurutan

Tujuan Pembelajaran   

1.1          Menerapkan konsep algoritma dalam proses pencarian (sequential search).

1.2          Mengurutkan bilangan menggunakan algoritma pengurutan (insertion sort dan selection sort)

Pemahaman Bermakna

Peserta didik mampu menerapkan prosedur algoritma pencarian dan pengurutan dalam kehidupan sehari-hari.

Model Pembelajaran

Discovery Learning

Pertanyaan Pemantik

1.       Apakah Anda pernah melakukan pencarian sebuah buku di rak perpustakaan? Jelaskan langkah-langkah yang Anda lakukan saat melakukan pencarian tersebut.

2.       Lakukan pengurutan angka bersama teman Anda. Apakah terdapat perbedaan langkah-langkah yang dilakukan saat mengurutkan angka tersebut?

A.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)

1.       Peserta didik menjawab salam dari pendidik.

2.       Pendidik membuka pembelajaran dan melakukan doa bersama.

3.       Pendidik mengecek kehadiran peserta didik.

4.       Peserta didik diberikan apersepsi berupa pertanyaan pemantik.

Apakah Anda pernah melakukan pencarian sebuah buku di rak perpustakaan? Jelaskan langkah-langkah yang Anda lakukan saat melakukan pencarian tersebut.

Lakukan pengurutan angka bersama teman Anda. Apakah terdapat perbedaan langkah-langkah yang dilakukan saat mengurutkan angka tersebut?

5.       Peserta didik diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan bimbingan pendidik.

6.       Perwakilan peserta didik mengemukakan jawaban atas pertanyaan tersebut.

7.       Pendidik memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik dan menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari.

B.      Kegiatan Inti (60 menit)

1.       Peserta didik diberi stimulus berupa contoh kasus deretan angka yang disusun secara acak.

2.       Pendidik memberikan daftar jenis-jenis algoritma pengurutan.

3.       Peserta didik menyelesaikan contoh kasus tersebut dan merumuskan hipotesis berupa jenis algoritma yang digunakannya.

4.       Peserta didik mengumpulkan informasi dan penjelasan mengenai jenis-jenis algoritma pengurutan.

5.       Peserta didik mencocokkan alur pengurutan angka yang telah dilakukan dengan uraian jenis algoritma yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

6.       Peserta didik berdiskusi dengan pendidik mengenai jenis-jenis algoritma pengurutan.

7.       Peserta didik bertanya kepada pendidik jika terdapat materi yang belum dipahami.

8.       Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk menjawab pertanyaan sehingga terjadi diskusi kelas yang aktif.

9.       Pendidik membimbing kegiatan diskusi dengan memberikan pengarahan dan penguatan sehingga peserta didik memahami materi.

C.      Kegiatan Penutup (10 menit)

1.       Peserta didik bersama pendidik membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.

2.       Peserta didik bersama pendidik melakukan refleksi pembelajaran.

3.       Pendidik menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

4.       Pendidik menutup pembelajaran dengan mengucap syukur dan salam.

 

PERTEMUAN 3

Pelaksanaan tes sumatif (latihan akhir bab)

REFLEKSI

Pendidik

Peserta Didik

         Apakah dalam pemberian materi dengan metode yang telah dilakukan serta penjelasan teknis atau intruksi yang disampaikan untuk pembelajaran yang akan dilakukan dapat dipahami oleh peserta didik?

         Bagian manakah pada rencana pembelajaran yang perlu diperbaiki?

         Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi atau bahan ajar, pengelolaan kelas, latihan dan penilaian yang telah dilakukan dalam pembelajaran?

         Apakah dalam berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan?

         Apakah arahan dan penguatan materi yang telah dipelajari dapat dipahami oleh peserta didik?

         Apakah Anda memahami instruksi yang dilakukan untuk pembelajaran?

         Apakah media pembelajaran, alat dan bahan mempermudah Anda dalam pembelajaran? 

         Materi apa yang Anda pelajari pada pembelajaran yang telah dilakukan?

         Apakah materi yang disampaikan, didiskusikan, dan dipresentasikan dalam pembelajaran dapat Anda pahami? 

         Manfaat apa yang Anda peroleh dari materi pembelajaran? 

         Sikap positif apa yang Anda peroleh selama mengikuti kegiatan pembelajaran?

         Kesulitan apa yang Anda alami dalam pembelajaran? 

         Apa saja yang Anda lakukan untuk belajar yang lebih baik?

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs. Dadan Ahmad Sofyan, M.Pd

NIP. 196601021992021001

Agus Karmana Haryono,SE

NIP. 197008272022211006

 


 

LAMPIRAN

Lampiran 1. Lembar Kerja Peserta Didik

LKPD pertemuan 1

Berpikir Komputasional untuk Menyelesaikan Permasalahan Sehari-hari

A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu menerapkan pilar-pilar berpikir komputasional untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari

B.      Pengantar

Berpikir komputasional merupakan salah satu pendekatan untuk mencari solusi dari suatu permasalahan melalui cara berpikir logis, sistematis, abstraksi, dan pengenalan pola. Berpikir komputasional tidak hanya digunakan untuk memecahkan masalah di bidang Informatika saja. Anda dapat menggunakan teknik berpikir komputasional yang terdiri atas dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma.

C.      Contoh Kasus

Pada kegiatan ini, Anda akan menyelesaikan permasalahan mengenai uraian yang diperlukan untuk mengadakan sebuah wawancara siswa berprestasi. Tentunya sebelum wawancara dilakukan, Anda harus menyiapkan secara matang terkait siapa siswa berprestasi yang akan menjadi narasumber dan komponen pertanyaan yang akan diajukan. Untuk menguraikan keperluan yang akan disiapkan sebelum diadakannya wawancara, Anda dapat menggunakan teknik berpikir komputasional untuk memecahkan permasalahan tersebut. Diskusikan persoalan tersebut dan jawablah pertanyaan berikut.

1.         Apa saja yang akan Anda siapkan sebelum mengadakan wawancara?

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

        …………………………

 

 

 

2.         Perhatikan poin-poin berikut.

A.      Meminta daftar perolehan kejuaraan di sekolah selama satu tahun terakhir

B.      Mendatangi satu per satu siswa dan menanyakan prestasi yang sudah diraih

C.      Menentukan bidang prestasi yang akan diwawancara, kemudian mendatangi sekretariat ekstrakurikuler yang berkaitan

D.      Menunggu upacara bendera untuk mendengarkan pengumuman siswa berprestasi

Manakah cara yang paling mudah untuk memilih narasumber yang akan diwawancarai sebagai siswa berprestasi? Berikan alasan Anda.

3.         Rumusan pertanyaan yang akan diajukan sebaiknya yang berkaitan dengan prestasi yang diraih siswa berprestasi. Tuliskan pertanyaan yang sebaiknya diajukan kepada narasumber pilihan Anda.

4.         Tuliskan alur proses wawancara benar dan sopan.

5.         Berdasarkan jawaban-jawaban pertanyaan tersebut, sebutkan tahapan mana yang termasuk ke dalam teknik abstraksi, algoritma, dekomposisi, dan pengenalan pola.

 

 

 

 

 

 

 

LKPD Pertemuan 2

Algoritma Pencarian dan Pengurutan

A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu menerapkan prosedur algoritma pencarian dan pengurutan dalam kehidupan sehari-hari.

B.      Pengantar

Dalam kehidupan sehari-hari tentu sering Anda jumpai kegiatan pengurutan, misalnya mengurutkan mengurutkan perolehan skor pertandingan. Berikut contoh deretan angka perolehan skor secara acak.

C.      Bahan Diskusi

1.       Bagaimana cara Anda mengurutkan deretan angka acak tersebut? Uraikan tahapannya.

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                       

2.       Apa saja jenis-jenis algoritma pengurutan?

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

3.       Apa jenis algoritma yang sesuai dengan pengurutan yang sudah dilakukan pada pertanyaan 1?

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                       

 

Lampiran 2. Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta Didik

1.       Arifin, W. A. 2022. Informatika 1. Bandung: Grafindo Media Pratama.

2.       Handout berikut.

 

Berpikir Komputasional

Secara umum, berpikir komputasional adalah pendekatan mencari solusi untuk memecahkan masalah dengan menggunakan ide atau konsep yang memiliki ciri tertentu seperti pemikiran logis, sistematis, abstraksi, dan pengenalan pola. Melalui berpikir komputasional, Anda akan berlatih berpikir seperti seorang ilmuwan informatika, bukan berpikir seperti komputer. Komputer hanyalah mesin yang hakikatnya meniru dunia nyata untuk dijadikan dunia digital sehingga dapat membantu pekerjaan manusia.

A.    Dekomposisi

Dekomposisi adalah proses penyelesaian masalah kompleks dengan cara mengurainya menjadi bagian-bagian kecil sehingga mudah untuk dipecahkan. Teknik ini membantu Anda agar tidak kewalahan dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan. Dekomposisi sama halnya ketika Anda memakan sepotong kue yang merupakan bagian dari satu bulatan kue yang utuh.

B.     Pengenalan Pola

Pengenalan pola adalah proses mengidentifikasi pola atau hubungan antara bagian-bagian yang berbeda dari masalah yang lebih besar. Tujuan pengenalan pola adalah untuk menyederhanakan masalah dengan cara menemukan kesamaan maupun perbedaan dari masalah yang serupa sehingga dapat membangun pemahaman berkelanjutan mengenai masalah yang lebih kompleks.

C.    Abstraksi

Abstraksi adalah teknik penyelesaian masalah dengan cara mengidentifikasi hal-hal umum dan melakukan penyaringan terhadap hal yang tidak diperlukan. Contoh abstraksi yaitu ketika Anda ingin mengetik dokumen yang dibutuhkan segera, sedangkan Anda sedang di luar rumah dan tidak membawa laptop. Anda tidak perlu memikirkan bahwa Anda harus pulang terlebih dahulu ke rumah dan membawa laptop. Sementara waktu, Anda dapat menggunakan aplikasi perkantoran di smartphone untuk membuat dokumen tersebut.

D.    Algoritma

Algoritma merupakan cara untuk merancang sekumpulan langkah-langkah yang dilakukan secara berurutan untuk menyelesaikan pekerjaan yang spesifik. Pekerjaan telah ditetapkan sebelumnya dan dilakukan secara berurutan dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah selesai. Algoritma dapat ditulis secara satu per satu berbentuk kalimat dan dapat digambarkan dalam simbol-simbol tertentu yang disebut dengan flowchart.

Algoritma mempunyai berbagai macam jenis, beberapa di antaranya yaitu algoritma pencarian dan pengurutan.

1.       Algoritma Pencarian

Algoritma pencarian adalah langkah-langkah berurutan yang digunakan untuk menemukan sesuatu yang memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan dalam ruang lingkup pencarian. Terdapat dua contoh algoritma pencarian, yaitu algoritma pencarian sekuensial (linear search) dan algoritma pencarian bagi dua (binary search).

a.       Algoritma pencarian sekuensial (linear search)

Cara kerja algoritma ini yaitu dengan melakukan pengecekan secara berurutan melalui seluruh deretan data dari satu ujung hingga data yang akan dicari ditemukan.

Berikut prosedur yang dilakukan dalam algoritma pencarian sekuensial.

        Mulai pencarian dari data paling ujung.

        Bandingkan data dengan data yang ingin ditemukan.

        Jika data pada deretan data sama dengan data yang ingin ditemukan, maka data ditemukan pada urutan data tersebut.

        Jika tidak ditemukan, data yang dicari tidak ada pada deretan data.

b.       Algoritma pencarian bagi dua (binary search)

Algoritma pencarian bagi dua merupakan metode pencarian yang dapat digunakan pada deretan data yang sudah terurut. Metode pencarian ini dapat mempersingkat waktu pencarian apabila terdapat banyak data.

 

Berikut prosedur yang dilakukan dalam algoritma pencarian bagi dua.

        Bandingkan data yang ingin ditemukan dengan data yang berada di posisi tengah deretan data. Jika sama, pencarian selesai.

        Jika data yang ingin ditemukan lebih kecil dari data di posisi tengah, lakukan pencarian di deretan angka sebelah kiri data tengah.

        Jika data yang ingin ditemukan lebih besar dari data di posisi tengah, lakukan pencarian di deretan angka sebelah kanan data tengah.

        Ulangi proses kesatu sampai ketiga jika masih terdapat data yang belum diperiksa. Jika seluruh data telah diperiksa, berarti data tidak ditemukan.

2.       Algoritma Pengurutan

Algoritma pengurutan adalah langkah-langkah berurutan yang digunakan untuk mengurutkan sejumlah data berdasarkan kondisi tertentu –lebih besar atau lebih kecil. Algoritma pengurutan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Comparison Sort yang terdiri atas Bubble Sort, Selection Sort, Insertion Sort, Merge Sort, Quick Sort, dan Non-comparison Sort yang terdiri atas Radix Sort serta Counting Sort. Comparison Sort merupakan algoritma pengurutan yang bekerja dengan cara membandingkan antardata yang akan diurutkan, adapun Non-Comparison Sort adalah algoritma pengurutan di mana dalam prosesnya tidak melakukan perbandingan antardata.

Sumber:

https://www.learning.com/blog/defining-computational-thinking/

https://www.freecodecamp.org/news/search-algorithms-linear-and-binary-search-explained/

https://www.coursehero.com/file/p7b9lf1s/Pencarian-Bagi-DuaBinary-Search-Pencarian-bagi-dua-adalah-metode-pencarian-yang/

 

Lampiran 3. Asesmen

Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

1.      Identitas Peserta Didik

Nama            : ……………………..

Kelas             : ……………………..

2.      Petunjuk Pengerjaan

    1. Baca dengan seksama uraian kuisioner berikut.
    2. Pilihlah jawaban A, B, atau C sesuai dengan kecenderunganmu.

Naskah Soal

No.

Pertanyaan

Pilihan Jawaban

A

B

C

1.

Pada waktu belajar untuk penilaian atau ulangan harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester apakah kamu memilih:

Membaca catatan, membaca judul dan sub-judul dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi.

Meminta seseorang memberi anda pertanyaan, atau menghafal dalam hati sendirian.

Membuat catatan pada kartu dan membuat model atau diagram.

2.

Apa yang kamu lakukan sewaktu kamu mendengarkan musik?

Berkhayal (melihat benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang didengarkan).

 

Berdendang mengikuti alunan musik tersebut.

 

Bergerak mengikuti musik tersebut, mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb.

3.

Pada waktu kamu sedang memecahkan masalah, apakah kamu:

Membuat daftar, mengatur langkah, dan mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan.

Menelpon teman atau ahli untuk membicarakan masalah tersebut.

Menguraikan (menganalisa) masalah itu atau melakukan semua langkah yang anda pikirkan.

4.

Jika kalian membaca untuk sekedar hiburan, apakah kamu memilih:

Buku perjalanan dengan banyak gambar di dalamnya

 

Cerita misteri yang penuh dengan percakapan di dalamnya

 

Buku yang dapat menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah

5.

Untuk mempelajari bagaimana kerja komputer, apakah kamu memilih:

Menonton film tentang cara kerja komputer

 

Mendengarkan seseorang menjelaskan cara keja komputer

 

Membongkar komputer dan mencoba menemukan sendiri cara kerjanya

6.

Kamu baru saja memasuki museum ilmu pengetahuan, seperti taman pintar, tekno park, dll apa yang kamu lakukan pertama kali?

Melihat sekeliling dan menemukan peta yang menunjukkan lokasi berbagai benda yang dipamerkan

 

Berbicara dengan penjaga museum dan bertanya kepadanya tentang benda-benda yang dipamerkan

 

Melihat pada benda pertama yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca petunjuk lokasi benda-benda lainnya

7.

Jenis restoran atau rumah makan apa yang kamu tidak sukai?

Restoran yang lampunya terlalu terang

 

Restoran yang musiknya terlalu keras

 

Restoran yang kursinya tidak nyaman

8.

Apa kira-kira yang kamu lakukan pada waktu kamu merasa senang?

Meringis (tersenyum)

 

Berteriak dengan senang

 

Melompat dengan senang

9.

Seandainya kamu berada pada suatu acara pesta, entah pernikahan atau yang lainnya, apa yang akan kira-kira paling kamu ingat pada keesokan harinya?

Muka orang-orang dalam pesta, tetapi bukan namanya

 

Nama orang-orang dalam pesta, tetapi bukan mukanya

 

Sesuatu yang anda lakukan dan katakan selama dalam pesta

10.

Pada waktu kamu ingin bercerita,apakan kamu memilih untuk:

Menulisnya

 

Menceritakannya dengan suara keras

 

Memerankannya

11.

Apa yang paling mengganggu bagi kamu pada waktu kamu mencoba untuk berkonsentrasi?

Gangguan visual

 

Suara gaduh

 

Gangguan lainnya seperti rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir

12.

Apa yang kira-kira kamu lakukan ketika sedang marah?

Cemberut atau memperlihatkan muka marah

Berteriak atau “mengamuk”

 

Menghentakkan kaki dengan keras dan membanting pintu

13.

Apa yang kira-kira kamu lakukan, jika kamu sedang antre untuk menonton bioskop?

Melihat-lihat pada poster iklan film lainnya

 

Berbicara dengan orang di sebelahmu

 

Mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain

14.

Apakah kamu lebih suka mengikuti:

kelas melukis

 

kelas musik

 

kelas olahraga

Rubrik Penilaian Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

 

Skor yang diperoleh

Jumlah jawaban A

: …

Jumlah Jawaban B

: …

Jumlah Jawaban C

: …

Kesimpulan Hasil Tes

Apabila jawaban yang paling banyak adalah A

    Memiliki kecenderungan gaya belajar visual

    Dapat mencapai prestasi belajar yang optimal apabila memanfaatkan kemampuan visual.

Apabila jawaban yang paling banyak adalah B

    Memiliki kecenderungan gaya belajar auditori.

    Dapat  mencapai prestasi belajar yang optimal apabila mempelajari materi pembelajaran dari mendengarkan baik melalui penjelasan langsung dari pendidik, diskusi dengan pendidik  dan teman, maupun melalui rekaman materi yang sedang dipelajari.

Apabila jawaban yang paling banyak adalah C

    Memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik.

    Dapat mencapai prestasi belajar secara optimal apabila terlibat langsung secara fisik dalam kegiatan belajar.

Apabila jawaban A dan B sama banyak

    Memiliki gabungan gaya belajar visual dan auditori.

    Dapat belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual atau gaya belajar auditori. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.

Apabila jawaban A dan C sama banyak

    Memiliki gabungan gaya belajar visual dan kinestetik.

    Dapat belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual atau gaya belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.

Apabila jawaban B dan C sama banyak

    Memiliki gabungan gaya belajar auditori dan kinestetik.

    Dapat belajar efektif jika menggunakan gaya belajar auditori atau gaya belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.

Asesmen Sumatif (Akhir Bab)

1.       Buku Informatika 1 untuk SMA/MA Kelas X penerbit Grafindo Media Pratama, latihan akhir bab 1 halaman 25–30.

2.       Kumpulan soal berikut.

LATIHAN BAB 1

A.    Pilihan Ganda


1.       Berikut pernyataan yang tepat mengenai algoritma, kecuali ….

A.     algoritma berisi langkah-langkah yang dilakukan berurutan

B.      algoritma hanya ditulis dalam bentuk kode bahasa pemrograman

C.      algoritma mempunyai jumlah langkah yang pasti

D.     algoritma dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari

E.      algoritma banyak jenisnya, dapat digunakan sesuai kebutuhan

 

2.         Salah satu jenis algoritma pencarian yang bekerja dengan cara mencari satu per satu dari urutan data pertama hingga data ditemukan, yaitu ….

A.     search problem

B.      search data

C.      search engine

D.     binary search

E.      sequential search

 

3.         Saat membuat akun e-wallet, Anda diminta memasukkan data berupa e-mail atau nomor ponsel. Anda dapat memilih salah satu dari kedua data tersebut. Hal tersebut merupakan contoh penerapan salah satu pilar berpikir komputasional, yaitu ….

A.     abstraksi

B.      algoritma

C.      dekomposisi

D.     pengenalan pola

E.      pemrograman

 

4.         Salah satu contoh penerapan pengenalan pola dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….

A.     alat pendeteksi suhu tubuh otomatis

F.      kode program yang ditulis berurutan

G.     menguraikan subbab materi pelajaran

H.     tidak mengunggah hal pribadi di media sosial

I.        menghapus file-file tidak terpakai di penyimpanan

 

Perhatikan flowchart berikut untuk menjawab soal nomor 5–8.

5.         Langkah selanjutnya jika nomor kontak yang dituju belum disimpan di ponsel, yaitu ….

A.     mengklik ikon New Contact

B.      mengklik kontak yang dituju

C.      mengetik isi pesan

D.     membatalkan pengiriman pesan

E.      mengklik Start New Message

 

6.         Pernyataan yang tidak tepat mengenai flowchart tersebut, yaitu ….

A.     terdapat pengambilan keputusan dalam flowchart

F.      langkah memilih kontak dilakukan sebelum menulis pesan

G.     klik ikon Send adalah langkah yang pasti dilakukan

H.     jumlah perintah akan sama dalam kondisi apapun

I.        ikon Start New Message diklik sesaat setelah aplikasi dibuka

 

7.         Terdapat simbol mulai dan selesai pada flowchart tersebut. Hal itu menandakan salah satu ciri algoritma, yaitu ….

A.     mempunyai batas

B.      setiap langkah didefinisikan dengan tepat

C.      mempunyai masukan dan keluaran

D.     setiap langkah dilakukan secara efektif

E.      tidak menggunakan simbol bahasa pemrograman

 

8.         Flowchart tersebut akan berhenti jika ….

A.     pengguna menyimpan nama dan nomor ponsel

F.      pengguna mengklik ikon aplikasi perpesanan

G.     pengguna mengirim pesan ke nomor tujuan

H.     pengguna mengetik isi pesan yang akan dikirim

I.        pengguna memilih nomor kontak yang akan dituju

 

9.         Berikut kegiatan yang tidak termasuk ke dalam contoh algoritma, yaitu ….

A.     memasak sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada resep

B.      mengikuti tata cara berobat di klinik atau puskesmas

C.      merakit alat elektronik berdasarkan buku panduan yang diberikan

D.     melakukan absen kehadiran dengan menggunakan sensor sidik jari

E.      mempelajari materi pelajaran secara bertahap dan berjenjang

 

10.     Ketika Anda mengerjakan tugas besar, akan lebih mudah jika Anda membuat daftar pekerjaan atau tugas yang akan dikerjakan. Setelah itu, masing-masing anggota kelompok mengerjakan tugasnya. Hal ini merupakan salah satu penerapan pilar berpikir komputasional, yaitu ….

A.     abstraksi

B.      algoritma

C.      dekomposisi

D.     pengenalan pola

E.      pemrograman


B.     Uraian

1.       Jelaskan perbedaan antara teknik pengenalan pola dan abstraksi.

2.       Jelaskan perbedaan teknik yang digunakan dalam algoritma pencarian sekuensial dan algoritma pencarian bagi dua.

3.       Jelaskan contoh kegiatan membereskan rumah dengan teknik dekomposisi.

4.       Mengapa algoritma harus mempunyai langkah awal dan akhir yang pasti? Jelaskan.

5.       Buatlah algoritma langkah-langkah menggunakan aplikasi penerjemah berbasis website.

 

Rubrik Penilaian Asesmen Sumatif

A.    Pilihan Ganda

Penentuan nilai:

 

No. Soal

Kunci Jawaban

Kriteria Penskoran

Skor

1

B

Benar

1

Salah

0

2

E

Benar

1

Salah

0

3

A

Benar

1

Salah

0

4

A

Benar

1

Salah

0

5

A

Benar

1

Salah

0

6

D

Benar

1

Salah

0

7

A

Benar

1

Salah

0

8

C

Benar

1

Salah

0

9

D

Benar

1

Salah

0

10

C

Benar

1

Salah

0

Jumlah skor maksimal

10

B.     Uraian

No.

Kunci Jawaban

Kriteria Penskoran

Skor

1

Teknik pengenalan pola adalah teknik mengidentifikasi kesamaan maupun perbedaan dari suatu masalah yang sama. Adapun abstraksi melihat hal-hal yang penting dan mengabaikan hal-hal yang tidak perlu.

Benar dan tepat

2

Kurang lengkap

1

Tidak dijawab

0

2

Teknik algoritma pencarian sekuensial lebih sederhana karena hanya melakukan pengecekan satu per satu, mulai dari urutan pertama hingga urutan data yang terakhir. Adapun algoritma pencarian bagi dua menggunakan prosedur pengurutan terlebih dahulu, kemudian dilakukan penetapan nilai tengah dari deretan angka. Pencarian bagi dua dapat mempersingkat proses pencarian.

Benar dan tepat

3

Kurang lengkap

1

Tidak dijawab

0

3

Contoh kegiatan membereskan rumah dengan teknik dekomposisi yaitu dengan memilah barang yang masih digunakan dan yang sudah tidak digunakan, menyimpan barang sesuai dengan kegunaannya, memilah sampah sesuai dengan jenisnya.

Benar dan tepat

3

Kurang lengkap

1

Tidak dijawab

0

4

Algoritma harus mempunyai langkah awal dan akhir yang pasti karena salah satu ciri algoritma yaitu terdapat kondisi penghenti dan langkah-langkah yang pasti.

Benar dan tepat

2

Kurang lengkap

1

Tidak dijawab

0

5

1)      Buka website penerjemah.

2)      Pilih bahasa dari teks yang akan diterjemahkan.

3)      Pilih bahasa tujuan yang diinginkan.

4)      Salin dan tempel teks ke dalam kolom penerjemah.

5)      Klik tombol terjemahkan.

6)      Hasil terjemahan akan tampil di kolom hasil terjemahan.

Benar dan tepat

5

Kurang lengkap

3

Tidak dijawab

0

Jumlah skor maksimal

15

Penentuan nilai:

 

 

Lampiran 4. Glosarium

flowchart

:

salah satu jenis diagram yang mewakili suatu proses atau alur kerja

kompleks

:

sekelompok bagian-bagian rumit yang saling berkaitan

logis

:

cara berpikir yang tepat atau masuk akal tentang suatu hal

prosedur

:

serangkaian tindakan yang sudah ditetapkan dan umum digunakan untuk melakukan sesuatu

sekuensial

:

sesuatu yang berurutan mengikuti aturan yang tetap

sistematis

:

sesuatu yang dilakukan secara teratur menurut rencana yang tetap dan menyeluruh

spesifik

:

mendeskripsikan sesuatu secara detail dan tepat


 

Comments

Popular posts from this blog

Membuat daftar Isi dengan Table of Content